ISTANA NEGARA KUALA LUMPUR

Posted on

indexcapture8187354468_c5fd2e33f9_b4-palace-IstNegara-06

Istana Negara adalah Istana Nasional Malaysia. Dibangun pada tahun 1928, terletak di sepanjang Jalan Istana dan benteng 13-acre merupakankediaman resmi Yang di-Pertuan Agong (Raja) Malaysia. Pada bulan Juni 2011, dibangun istana yang baru, menelan biaya 800 juta ringgit yang terletak di dekat Jalan Duta, Kuala Lumpur.

Istana Negara yang lama terletak di lereng Bukit Petaling menghadap ke Sungai Klang, di sepanjang Jalan Syed Putra. Pekarangan yang tidak terbuka untuk umum, sehingga Utama Palace Entrance biasanya tempat di mana wisatawan mengambil gambar. Juga disebut The Big House, itu awalnya sebuah rumah dua lantai milik jutawan Cina lokal Chan Wing.

SEJARAH                                                  

Dari tahun 1942 sampai 1945 istana negara digunakan sebagai tempat tinggal gubernur jepang selama kependudukan jepang. Pada tahun 1945 setelah jepang menyerah kepada sekutubadan administrasi militer inggris (BMA) menjadikannya tempat tinggal para perwira seniornya dan setelah pembentukan federasi malaya pada tahun 1950 istana ini disewakan kepada pemerintah selangor sampai malaysia merdeka pada tahun 1957.

Setelah direnovasi oleh kesultanan selangor kemudian dijual kepada pemerintah federal malaysia dan dijadikan sebagai tempat tinggal dipertuan agung malaysia. sejak itu, Istana Negara telah mengalami banyak renovasi dan beberapa ekstensi, dengan karya-karya upgrade paling luas dilakukan pada tahun 1980. Ini adalah saat Upacara Instalasi pertama untuk Yang Mulia Paduka Seri Baginda DYMM Yang di-Pertuan Agong diadakan di Istana Negara di 1957. Sebelum ini, Upacara Instalasi sebelumnya diadakan di Tunku Abdul Rahman Balai di Jalan Ampang.

LUAS WILAYAH

Istana Negara berdiri di atas lahan seluas 28 hektar, di dalamnya terdapat taman, kolam renang, lapangangolf, danau, lapangan bulutangkis indoor dan lapangan tenis. Untuk tujuan keamanan, ada sebuah rumah jaga untuk anggota dari Royal Melayu Resimen dan di pintu masuk utama, mirip dengan Istana Buckingham, dua pos jaga di setiap sisi lengkungan dengan anggota kavaleri penuh pakaian seragam.

Istana Negara berbatasan dengan dinding dengan mantel Malaysia senjata, menampilkan Royal Insignia Mulia, ditempatkan pada baja tulangan antara setiap pilar berpagar. Cemara dan cemara berlapis jalan mengarah ke dua pintu masuk – sayap timur dan West Wing.

INTERIOR

Istana Negara dibagi menjadi dua bagian: sayap timur dan West Wing. The East Wing adalah rumah bagi Balairong Seri – ruang tahta Yang di-Pertuan Agong, yang hanya digunakan untuk tugas resmi dan seremonial. Ini adalah ruang yang paling sering terlihat dalam istana; kadang-kadang berfungsi sebagai ruang perjamuan.

Lantai dua memiliki beberapa kamar tematik, di mana Raja menerima tamu kehormatan, duta besar, ruang yang diperuntukan untuk pertemuan Raja dengan Perdana Menteri dan ruang permaisuri, di mana ratu menjamu tamunya. The West Wing istana digunakan untuk pertemuan raja-raja di mana konferensi penguasa biasanya diadakan.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.kuala-lumpur.ws/attractions/istana-negara.htm#

Tinggalkan komentar